Level 11 : fitrah seksualitas #day1

Level 11 kali ini cukup berbeda dari level sebelumnya , dimana kami harus membahas topik di level 11 ini secara berkelompok . Seruu , dan menantang . Bagaimana kita dapat menyatukan beberapa pikiran , untuk membahas sebuah topik yang cukup hiits saat ini . Mencari problem dan solusi nya jugaΒ  .

Sebagai ibu baru , dan masih muda (saya belum ada 30 taun πŸ˜‚) saya masih sangat minim pengetahuan dg topik ini . Mungkin saya pernah tau di masa remaja , tapi mungkin istilahnya berbeda .

Apa itu fitrah seksualitas ? Dari presentasi kelompok 7 , saya mendapatkan sedikit gambaran . Mereka mengaitkan langsung denganΒ Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 30, tentang apa itu fitrah. Karena anak terlahir sudah dengan fitrahnya, salah satunya fitrah Seksualitas, tugas kita sebagai orangtuanya yang harus mengedukasikan sejak dini agar fitrahnya tumbuh dengan baik.

Kemudian , mereka mengungkapkan tantangan tantangan apa saja yg berkaitan dg gender saat ini , yaitu .

IMG-20180921-WA0001

Sehingga kelompok 7 menyimpulkan solusi untuk masalah tersebut .

IMG-20180921-WA0002.jpg

Kelompok 7 menjadi tolok ukur bagaimana presentasi selanjutnya berjalan . Presentasi hari pertama berjalan bagus , materi dibagi ke masing2 anggota dan dipresentasikan . Ada pula yg bertugas sebagai moderator . Dan ada pula yg bertugas menjawab pertanyaan yg masuk .

#bundasayang #fitrahseksualitas #gamelevel11

Semua anak adalah bintang 🌟 #5

Saat fiza berada di “Area”nya ,Β  saya selalu melihat antusias dan semangatnya fiza dalam melakukan kegiatan yg ada . Contohnya aja mewarnai , atau bermain puzzle . Awalnya , dia gag begitu suka dengan dua kegiatan ini , tapi setelah bisa dan terbiasa sekarang dua kegiatan ini menjadi top activity kepunyaan fiza .

IMG-20180526-WA0000

Dulu dia gag suka puzzle mungkin karena belum bisa , sehingga berkali kali mencoba membuat dia marah dan jengkel . Kalau sekaramg , dia udah bisa meletakkan bentuk2 yang sesuai di tempatnya . Kalau sudah asik bermain puzzle , terkadang sampai tidak menjawab saat dipanggil . Hihihi .

Kalau mewarnai dari kecil dia senang corat coret , sekarang tambah semangat untuk melakukan corat coret karena sudah apalwarna warna yg ada . Jadi dia mewarnai sambil menyebutkan warna pensilnya .

 

#semuaanakadalahbintang

#institutibuprofesional

#kelasbundasayang

Semua anak adalah bintang 🌟 #4

Dari kecil , kalau diajak pergi ke luar kota , fiza ini nyenengin bapak ibunya banget . Suka banget pergi kayanya . Ke luar kota gag rewel , Alhamdulillah . Biasanya di jakan , untuk menguranginkebosanan karena perjalanan yg lama , saya menyiapkan beberapa keperluan dia . Seperti cemilan , makan besar , minum , itu hal wajib . Kadang juga ditambah mainan atau buku .

Selain itu kadang kami di mobil bernyanyi , belajar menyebutkan alat transportasi , atau menebak nama dan warna benda benda yg kami temukan di jalan . Nanti biasanya kalau dia udah capek , minta tiduran dan bobok sendiri sampai ke tempat tujuan .

 

IMG-20180525-WA0000

Seperti beberapa hari yang lalu , kami harus menyusul ayahnya yg kerja di luar kota , karena ada acara kantor . Seperti biasa , sebelum pergi , saya sounding dulu di rumah , kita mau kemana , ngapain dan ketemu siapa aja . Bagi saya , sounding ini perlu banget dan wajib . Jadi anak akan tau gambaram kegiatan kita seharian di tempat baru . The power of sounding ini sangat mempengaruhi kelancaran acara seharian ini .

Sampai di tempat baru , karena sebelumnya sudah diberi tau dari rumah , fiza pun lebih cepat beradaptasi . Walaupun masih nemplok nemplok emaknya , tapi gag butuh waktu lama untuk bisa membaur dengan suasana . Biasanya , kalau dateng ke tempat baru , dia mengamati terlebih dahulu , jadi kesannya seperti malu malu , tapi dia sedang melakukan observasi . Setelah itu , dia akan menemukan apa ygbisa dibuat mainan . Entah , kursi , komputer atau benda benda lainnya .

IMG-20180525-WA0001

#semuaanakadalahbintang

#institutibuprofesional

# kelasbundasayang

Semua Anak adalah bintang 🌟 #3

Membersamai fiza bukanlah hal yang mudah … energinya selalu full . Kalau di rumah ada pojok khusus fiza untuk mengeksplore semua kemampuan fiza , mulai dari mainan puzzle , lego , buku cerita , pojok mewarnai , dan lain sebagainya .

Terkadang saya harus full ikut membersamai dia di Pojok Fiza , tapi kadang fiza yg ngikuti saya kemana mana . Misal saya sedang beres beres ruang tamu , fiza ikut dan minta mainan teko dan gelas kecil .

Dia baru seneng senengnya bermain peran , jadi dia baru senang memerankan sebagai dokter , murid , atau yg lagi hits dia baru seneng jadi penjual minuman .

Teko teko dijejer di meja , trus gelas gelas juga di jejer di meja . Dan dia menawarkan saya ingin beli minum apa , teh , es atau jeruk . Selanjutnya dia akan berpura pura menuang minuman , menyendok gula , dan memberikan ke konsumennya . Lalu dia minta uangnya . Hehehe .

IMG-20180524-WA0000

 

#semuaanakadalahbintang

#institutibuprofesional

#kelasbundasayang

Semua Anak adalah bintang 🌟 #2

Kegiatan fiza dirumah itu macem macem , tapi terkadang kegiatan itu datengnya dari dia sendiri . Emaknya fiza jarang sekali membuat jadwal kegiatan untuk dia .

Yang pasti biasanya ada membaca buku , atau belajar di luar . Di luar itu , kadang fiza sendiri yang berimprovisasi . Yang pasti belajar , bermain , bahagia (3B) .

Seperti kemarin , sedang asik asiknya kita ngumpul bareng keluarga sambil nunggu bedug maghrib . Tiba tiba fiza bikin kegiatan fisik sendiri . Melatih kekuatan bagian tangan dan perut .

Jadi dia bertumpu sama kursi dan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan . Semacam latian fisik versi anak anak πŸ˜‹

 

IMG-20180522-WA0000

 

Biasanya kalau udah begitu yang waswas yangti nya . Jadi yangti nya suka ngomel kenapa fiza selalu ada kegiatan aneh2 .

Alhamdulillah , emaknya biasa aja (walau dalam hati miris juga siihh) . Biasanya kalau udah melakukan kegiatan fisik macam gini , fiza happy banget . Yang penting emaknya jagain keadaan sekitar tetap aman terkendali .

 

#semuaanakadalahbintang

#institutibuprofesional

#kelasbundasayang

Math Around Us #5

img_20180329_221901-651247924.png

Pas banget … kali ini saya mau cerita pengalaman yang tak terlupakan 2 tahun yang lalu . Pengalaman yang merubah hidup saya … yaitu pertama kalinya saya bertemu dengan anak saya . Hehe .

Tanggal 4 April 2 tahun yang lalu … jam 10an tiba tiba ngeflek nih , pertanda dari si baby yg pengen ketemu sama bunda nya . Akhirnya saya ngabari suami yg saat itu lagi kerja di purworejo . Saking paniknya suamik , jadilah dia nelpon bapak dan ibu .. minta tolong bawa saya ke rumah sakit dulu . Hihihi … tapi begitu bapak ibu nyampe rumah , lhaa saya nya masih nyantai dan pakai baju rumah πŸ˜‚ komentar ibu saya , “lhoo … katanya mau lahiran ? πŸ˜‚”

Sebelum bapak ibu sampai rumah … sambil nunggu suamik datang , saya merasakan mules yang luar biasa . Tapi sayang , jarak kontraksinta belum stabil … masih sekitar 15-20 menit sekali .

Begitu suami datang , langsung cuss ke rumah sakit lah kita … sampai sana di cek sama bidan masih disuruh pulang dulu . Tapi dasarnya saya ngeyelan yak πŸ˜‚ saya gag mau pulang , dg alasan rumah saya jauh . Akhirnya bidan mengatakan bahwa saya harus jalan jalan mondar mandir dulu selama 2 jam . Sambil menahan sakit say ditemani suamik jalan jalN keliling RS .

Setelah 2 jam , dicek lagi lah … dan nambah 😌 dari bukaan 1 sedikiit jadi bukaan 1 πŸ˜‚πŸ˜‚ akhirnya saya boleh masuk kamar . Trus diberitau kalau periksa lagi selang 4 jam sambil diperhatikan ritme kontraksi .

Dari jam 12 siang sampai jam 4 sore , kontraksi dtg dan pergi tapi masih bisa ditahan .. masih bisa buat jalan jalan πŸ˜† masih bukaan 2 sedikitt .

Lalu saat jam 8 atau jam 9 malam , saya sudah gag kuat jalan . Tapi tetap harus kontrol .. ndilalah , ketuban saya pecah saat kontrol oleh dokter . Akhirnya harus stay di ruang observasi . Dan baru bukaan 4 .

Kemudian di cek lagi jam 11 atau jam 12 malam , masih bukaan 6 . Tapi rasanya udah semakin sakit … diperkirakan oleh dokter gag sampai subuh si baby udah lahir . Kemudian ditiggallah saya oleh sang dokter πŸ˜‚

Proses bukaan paling lama adalah saat bukaan ke 8 menuju 9 … saya sampai udah gag karuan rasanya . Menggigil menahan sakit dan rasanya pengen nyerah . Tapi support dari suami membuat saya semangat terus . Apalagi bantuan dari tenaga medis yg setba gercep dan support saya lahiran normal .

Akhirnya jam 02.15 dini hari … fiza lahir … ditemani ayahnya yg berdiri di samping tempat tidur selama hampir 13 jam . Hihihi .

Waktu lahir niihh …. kaya begini si fiza 😍😍 dulu fiza lahir kira kir 3,3kg dan panjang 49cm (kalau gag salah) ☺

IMG_20160405_061253

Lhaaahh … sekarang gag kerasa anaknya udah besar . 😍 sudah tambah banyak cerita , paling suka berhitung , daaann … membaca . Kalau sudah asik membaca , dia sampai lupa waktu . Habis itu saya deh yg merapikan lagi buku buku yg terlanjut y

#tantangan10hari

#level6

#ILoveMath

#MathAroundUs

Math Around Us #4

img_20180329_221901-651247924.png

Assalamu’alaikum …

Saya baru hari ke empat nih , disaat temen temen lain udah hari ke 6 .. hihi . No problemo , karena kebetulan anak sedang susah dikondisikan , jadi maunya main main dulu . Biasanya , saya mengajak permainan yang menantang kemampuan dia . Sering banget dia bilang “gag bisa bun …” tapi saya dorong terus , “bisa dek , bisa … kamu pasti bisa” . Kalau sudah begitu biasanya dia terus berusaha sendiri sampai bisa . Baru kalau gag bisa , saya bantu alakadarnya . Haha .

Baru tau saya , ternyata mencari sebuah solusi dari permasalahan merupakan bagian dari berpikir logis , masuk ke kemampuan matematika logis ini . Dimaklumi yaaa buibuu , namanya newmom masih perlu menimba ilmu dari sana sini .

Biasanya saya dan fiza mainan lego , atau puzzle . Dia yang pasang sendiri lego nya atau puzzle nya . Saya heran banget sama anak saya ini , seneeeng banget main di pojokan . Kita memang punya area khusus sih buat bermainnya fiza , segala sesuatu ada dipojok main itu . Dan mainan favoritnya adalah puzzle dari evamatnya . Dibongkar , dipasang lagi ,.. gag pernah bosen dia . Bentuknya yg macem merupakan tantangan buat dia .

Alhamdulillahnya Fiza anak yg selalu tertantang jika menghadapi suatu hal baru . Kalau ketemu main baru dan butuh waktu untuk memecahkannya fiza akan serius sampai dia mentok πŸ˜‚ kalau udah mentok baru deh bilang emaknya . Kalau enggak ya dia pasti bilang , “dedek (send)iri ..” .

#Tantangan10Hari

#Level6

#KuliahBunsayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs

Math Around Us #3

Hari minggu saatnya saya dan suami mangkal di cfd . Setelah hari sabtu sibuk persiapan . maka hari minggu siap eksekusi . Trus fizanya mana ? Fiza di rumah 😌 jadi anak embah sehari . Hihihi .

Kenapa sih harus jualan ? Bagi kami … bukan karena materi atau kami tidak berkecukupan . Tapi justru karena kami butuh suntikan semangat yg gag kami dapatkan di rutinitas sehari hari .

Yang kami cari itu rejeki silaturahmi . Hihihi . Kalau materi itu bonus yaaa … tapi utamanya adalah rejeki silaturahmi πŸ˜™ di CFD kita akan menemuka komunitas baru .. temen temen baru .. yang baru pertama ketemu tapi udah kaya saudara . Karena senasib sepekerjaan πŸ˜‚ kaya kemaren nih … tetiba ada kiriman duku dari bu bantal 😍 sesepuh di blok kami … kebetulan bangeet lagi pengen duku πŸ˜‹

Sebenernya nih … jualan di cfd itu borooss πŸ˜‚ pasti banyak jajannya .. tapi yakinlah , dg kita memudahkan orang lain (dengan beli di temen sendiri) Insya Allah urusan kita juga dimudahkan … Selain itu , dg kita berbagi maka pasti akan diganti juga dg yang lebih baik .

Kemaren sih sebenernya agak ngedrop juga semangat nya … karena CFD agak gag seperti biasanya πŸ˜‚ tapi alhamdulillah … panas panas ada yang ngirimin testimoni baguus buat kami . Otomatis , semangat on lagi .

Jadi tuh … bagi kami , jualan di cfd asik … buat kami , untung rugi nomer sekian (tapi jangan rugi rugi banget lah yaaa πŸ˜†) , yang utama itu silaturahmi nya . Karena rejeki itu gag melulu dalam bentuk materi . Tapi dengan silahturahmi itu juga memperlancar rejeki 😚 Insya Allah .

#Tantangan10Hari

#Level6

#KuliahBunsayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs

Math around us #2

img_20180329_221901-651247924.png

Long weekend bukan berarti trus liburan . Hehe … bagi saya dan suami , weekend adalah hari tersibuk dibanding hari hari lainnya . Kenapa ? Karena kami harus menyiapkan amunisi untuk jualan di hari minggu nya .

Kadang ada juga yang nyeletuk ke saya dan suami . Apa gag capek , weekdays kerja dari pagi sampai malem , trus minggunya masih jualan bukannya istirahat . Hihihi . Ini bukan masalah capek atau enggak sih , tapi passion . Yaa kegiatan jualan inilah merupakan hiburan saya dan suami .

Kira kira apa aja yg perlu dipersiapkan kalo menyambut hari minggu gini … biasanya saya bagian menyiapkan bahan bahan mentah , belanja dan lain lainnya . Misalnya niihh …

  1. Telur (biasa beli 2 – 3 kg)
  2. Beras (beli 5kg tapi bisa buat 2 kali jualan)
  3. Bawang bombay
  4. Daun bawang
  5. Cabe rawit merah

Namanya emak emak yaaa … kalau belanja pasti cari yang promo promoo tuh … jadi saya seringnya muterin pasar atau swalayan di magelang buat cari promo promo . Kadang beli di swalayan S telurnya aja , trus di swalayan G minyaknya aja . Sisanya , belanja di pasar tradisional , jadi bisa tuh seharian cuma habis buat muterin magelang . Hihihi .

Pernah juga niih , kesorean ke pasarnya dan udah kehabisan daun bawang . Akhirnya telpon suami , buat minta tolong beli daun bawang di pasar daerah Boyolali sana … haha . Ada satu pasar , di daerah cepogo . Itu banyaaaakk bgt sayurannya dan selalu rame , buat kulakan pedagang pedagang lainnya kali yaaa , jadi mau pagi siang sore malem juga masih ada dan seger seger bgt , udara dingin kan di sana , jadi udah tempatnya sayur deh …

Itu weekend kami , gimana denganmu ? Jangan lupa mampir ke nasgor gabahe yaaa .. hihihihi

#tantangan10hari

#gamelevel6

#kuliahbunsayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs

Math around us #1

Memasuki separuh perjuangan di lelas bunsay , merasa makin tertantang nih … ☺

Begitu liat judul tugasnya langsug deh pikir pikir … apa aja ya disekitar kita yg berhubungan dengan matematika ? Awalnya … begitu dengar kata matematika , yang ada di pikiran saya adalah angka , operasi hitungan sederhana , dan lain sebagainya yg menyangkut hitung menghitung . Trus saya mulai galau … gimana cara mengenalkan tambah tambahan ke anak 2 taun πŸ˜†

Tapi setelah dicerna kembali … ternyat banyak juga di kegiatan sehari hari kita yang berhubungan dengan matematika . Apalagi anak saya masih 2 taun yang sebenernya masih belum wajib kenal angka . Jadi … lebih dikenalkan logika matematika nya . Tapi apalah daya … si bocah sepertinya belum tertarik untuk menggeluti bidang ini πŸ˜‚

Sebagai kegiatan pembuka … saya ajak si kecil untuk merapikan pensil warnanya sambil berhitung .. ada berapakah pensil warnanya . Dan dia sukses merapikan tapi gag pake dihitung , asal masuk aja . Okelah … perlahan lahan sepertinya kalau mengenalkan ttg ini agar dia tertarik 😊 (gag sempet ambil foto juga , keburu kabur anaknya πŸ˜–)

Kemudian saya mikir mikir lagi … apalagi yaaa yg berhubungan dg matematika ini 😜 oyaa , bapaknya fiza … setiap harinya menempuh perjalanan dari rumah ke kantor ( Magelang – Boyolali ) selama 1 jam 10 menit .. jaraknya sekitar 50km an lebih … Masya Allah … jauh yaa … dan itu ditempuh pulang pergi karena memang dilaju dari rumah . Jadi sekitar 100 km an setiap hari untuk perjalanan dari rumah – kantor – kembali lagi ke rumah .

Sempat saya tnya , kenapa tidak ngekos atau ngontrak aja di sana .. tapi jawaban si bapak tetep enggak . Katanya kesepian kalau disana πŸ˜† terlebih lagi melewati medan yang mendaki gunung lewati lembah , untuk suami saya yang suka travelling itu merupakan suatu nilai plus .

Pemandangan di setiap perjalanan si bapak

Masya Allah bapak … perjuanganmu sungguh luar biasa 😚 semoga selalu diberi keselamatan di setiap perjalanan …

#Tantangan10Hari

#Level6

#KuliahBunsayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs