Aliran Rasa – game Level 2 – Melatih KemandirianΒ 

Alhamdulillaaahh  … Pada awalnya , denger judul tantangan ini tuh campur aduk rasanya . Mulai dari penasaran dengan kemampuan saya sebagai ibu , sampe kadang merasa hopeless takut kalau gag berhasil . 

Kuncinya adalah konsisten … konsisten … dan konsisten . Walaupun saat ini masih terus berproses melatih kemandirian anak , tapi lewat tantangan ini saya mendapatkan kejutan kejutan istimewa dari si buah hati . 

Apa sih hasilnya dari latian ini ? Salah satunya saat kami melakukan perjalanan ke Boyolali sendiri tanpa ayahnya . Si jocah dengan asiknya duduk sendiri dan bobok sendiri . Suatu hal yang hampir tidak mungkin dilakukan πŸ˜‚ 

Selain itu … saat si anak saya titipkan ayahnya , hanya sesekali minta cari bundanya . Tapi selebihnya asik sendiri dengan cemilan dan mainannya . 

Terima kasih pada semua perangkat kelas dan teman teman , yang selalu saling mendukung dan mensupport , sehingga kita semakin semangat mengerjakan tantangannya setiap hari . Terima kasih juga buat Putri kecilku , telah menjadi partner yang kece buat bunda sampai kita bisa menyelesaikan tantangan ini πŸ˜„πŸ˜„ daaann … terima kasih buat Pak suamiikk , yang selalu support dan selalu mendukung sayaaa πŸ˜™πŸ˜™

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – Day 15

Hari terakhir di game level 2 ini … dari beberapa skill yang saya rencanakan sudah setengahnya berhasil . Tinggal melanjutkan yg belum dan meneruskan yg sudah . 

Paling heboh ini kayanya ttg Toilet Training yaaa πŸ˜„πŸ˜„ kudu strong emaknya . Udah sharing sana sini … tanya sana sini yg lebih berpengalaman … semoga aja bekal sabar emaknya always full πŸ˜„πŸ˜„

Eehh , ternyata ada kejutan lain dari fiza πŸ˜‚ Setelah makan biskuit , dimana remahannya pada ke lantai semua … dia inisiatif minta tissue . Buat lap remahan yang jatuh .. walaupun pada akhirnya tissuenya dihambur hamburin jugaag 😧 eettapii dianya ambil sapu … Gayanya siihh nyapuu kaya emaknya πŸ˜‚

Yang bisa saya ambil kesimpulan dari kejutan dia kali ini adalah ternyata hal kecil yg sering saya sampaikan berulang2 nyantel di dia . Saya sering bilang , ayok dirapikan .. dibersihkan setelah main . Dan ternyata tanggung jawab itu muncul . 

Sehat sehat terus yaaa naakk … dan teruslah beri kejutan kejutan lain setiap harinya . 
#harikelimabelas

#tantangan10hari

#level2

#kelasbunsayiip

#melatihkemandirian

Game level 2 – Melatih Kemandirian – Day 14

Waktu tantangan udah hampir selesai .. 😒 Dan ternyata saya menemukan hal hal menakjubkan selama periode ini berlangsung . 

πŸ’Ž tanpa disadari Fiza sudah mulai sadar untuk makan dan minum sendiri . Bawa makanannya dari dapur ke kursinya atau ambil sendiri minumnya . Dan yg paling amazing adalah … minum dari gelas tanpa tumpah πŸ˜„

πŸ’Ž dan ternyata , pelatihan pakai baju sendiri ini sudah sangaaatt terlihat kemajuannya . Kemarin , setelah mandi .. saat saya pakaikan dia minyak telon . Tiba tiba dia pakai celana sendiri tanpa dibantu . Biasanya selama ini , saat dia pakai celana sendiri , dia menaikkan bagian depan , saya membantunya bagian belakang . Tapi kemarin enggak … takjub banget saya πŸ˜„πŸ˜„

Cukup dua aspek itu udah bikin saya terkagum kagum . Tapi hal itu lantas tidak membuat kita leyeh2 .. tapi semakin semangat membimbing agar dia bisa semakin mandiri πŸ˜‚

Terima kasih nak … sudah jadi partner kecenya bunda . Semangaaatt πŸ˜™πŸ˜™
#harikeempatbelas

#tantangan10hari

#level2 

#kelasbunsayiip

#melatihkemandirian 

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – Day 13Β 

Gag terasa udah hari ke 13 lhoo … Hari ke 13 ini emaknya fiza sibuk ngurus pajak kendaraan πŸ˜… jadi si bocah pun ikut emaknya ke kantor samsat . 

Disana kondisi emang lagi rameee banget dan hujan . Alhasil ruang gerak pun terbatas . Naah , untungnya niihh .. disana ada kids corner . Fiza pun bisa main bebas sambil nunggu urusan selesai . 

Di kida corner .. ternyata gag cuma fiza aja yg pake . Ada anak yg lebih besar dari fiza . Munculah ide nih si Emak … bisa dong buat melatih mandiri bersosialisasi buat si bocah . 

Jadi lah emak lepas dia … gag pake ditemenin . Seperti biasa , awalnya lirik lirik . Nemplok nemplok duluu ke emaknya . Tapi lama lama mau juga heboh . 

Kesimpulannya … untuk yg skill satu ini kudu bener bener sabar . Sampai sekarang pun dia masih susah berbaur kalo.di tempat baru πŸ˜„ untuk makan dan minun sendiri serta pakai baju sendiri udah dianggap bisaaa lah yaaa . 
#hariketigabelas

#level2

#kelasbunsayiip

#tantangan10hari

#melatihkemandirian 

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – Day 12Β 

Hari ke 12 bertepatan dengan momen piknik keeluarga . Lagi lagi si bocah berkesempatan untuk berlatih mandiri bersosialisasi . 

Kali ini saya berusaha membatasi interaksi bareng si bocah . Bukannya cuek yaaa .. tapi saya pengen Fiza berlatih untuk membaur dengan keluarganya . Seperti Uyut nya , akung uti nya , om tante nya .. yang jarang banget ditemui sama Fiza . Hehe . 

Diawali nyampe ke lokasi cuma digandeng sama ayahnya .. dan melakukan kegiatan lain bersama ayah , gag pake bunda πŸ˜‚ awalnya masih mencari cari Emaknya .. lama lama enjoy sendiri di tengah2 keluarga besar .. hehe 

Dan ternyata memang fiza itu tipe anak yg pelan pelan . Tetapi kali ini lebih cepat membaur daripada waktu lainnya . Hehe . 

#HariKeduabelas 

#level2 

#tantangan10hari

#melatihkemandirian

#kelasbunsayiip 

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – day 11

Sebagai anak perempuan , dan sekaliagus teman hang out emaknya . Si bocah hampiiirr tidak pernah lepas dari emaknya . Mau lagi belanja , jualan , seminar , olahraga , pokoknya semua kegiatam yg memungkinkan membawa bayi pasti ikut πŸ˜†

Tetapi kali ini fiza harus ditinggal di rumah dan emak sama bapaknya jualan dulu . Kenapa ? Karena emak dan bapaknya kudu berangkat pagi pagi dan fiza belum bangun .. πŸ™ˆ

Emak sama bapaknya jualan … fiza di rumah dititipin ke uti nya . Setelah tantrum hebat kemaren , akhirnya jadi juga fiza ditinggal di rumah . 


Durasi nya cukup lama sih … hampir setengah hari . Dan eyangnya nelpon di saat emak bapaknya udah perjalanan pulang . Hehe . 

Menurut cerita eyangnya , si bocah males makan , trus nyariin emaknya terus . Gag papa yaa nak … kita belajar untuk saling ikhlas kalo ditinggal pergi πŸ˜„πŸ˜„ besok besok lagi kalo pas lagi ditinggal jualan , emaknya gag usah di cari yaa πŸ˜‚ kasian yg dititipin .. gag mau diajak berhenti jalan πŸ˜…
#harikesebelas 

#tantangan10hari

#level2

#kelasbunsayiip

#melatihkemandirian 

Game level 2 – Melatih Kemandirian – Day 10

Hari terakhir di tantangan 10 hari . Dan di hari terakhir ini kondisi sedang gag memungkinkan buat dilakukan pelatihan πŸ˜„

Kenapa ? Karena fiza ini lagi tantrum . Karena dari pagi disounding besok mau ditinggal emaknya jualan .. malah seharian ini ngambek dan rewel gag jelas πŸ˜₯

Udah di ajak main sama aja … cuma bertahan sebentar dan nangis . Trus barusan sama emak dititipin uti nya sebentar buat setting tempat bazar , pulang pulang tantrum gag jelas . 

Syediih kalo anak tantrum 😧 tapii ya emang kudu stok sabar yg banyak . Dipeluk peluk dibelai belai … akhirnya bobok sendiri deh .. 

Dan sekarang emak galau , mau diajak bazar atau enggak πŸ˜… ya sudaahh lah … tunggu matahari bersinar dulu baru tau jawabannya πŸ˜‚

#harikesepuluh 

#tantangan10hari

#level2

#kelasbunsayiip

#melatihkemandirian

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – day 9Β 

Tau gag , hasil dari melatih anak mandiri berpakaian itu apa ? Salah satunya dia bisa lebih mengeksplore keinginannya . Kok bisa sih ? Gimana ceritanya ? 

Jadi sekarang ini , anak wedok udah bisa pilih style sendiri . Dia mau pakai baju apa , trus pake sepatu yg apa dan lain sebagainya . Saya seneng siih , itu tandanya dia sudah mempunyai rasa kemandirian . Jadi tugas kita sebagai orang tua hanya mengarahkan . 

Pengen tau style nya fiza sekarang kaya apa ? 

Oya , kemajuan lagi nih . Fiza sekarang sudah otomatis membenarkan posisi celananya sendiri . Jadi kalau emaknya membantu memakai celana , dia langsung menariknya ke atas ke posisi yg pas . 

Tingkah lakunya pun makin membuat terkagum kagum .. adaaa aja yg diperlihatkan setiap harinya . Sehat terus yaaa anak wedok πŸ˜‰πŸ˜‰
#HariKesembilan

#Tantangan10Hari

#Level2

#KelasBunSayIIP

#MelatihKemandirian 

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – Day 8

Buat saya melatih anak untuk pakai baju sendiri bukan lah hanya sekedar bisa pakai baju sendiri . 

Tetapi juga melatih rasa tanggung jawab untuk meletakkan baju kotornya di keranjang cucian . 

Alhamdulillah … kegiatan ini suka banget dilakuin sama Fiza . Dia selalu semangat jika diminta untuk meletakkan baju kotornya di tempatnya . 

#HariKedelapan 

#Level2

#Tantangan10Hari 

#KelasBunsayIIP

#melatihkemandirian 

Game Level 2 – Melatih Kemandirian – Day 7Β 

Hari terakhir di minggu pertama , si emak memutuskan kayanya fiza naik tingkat niih . Sambil materi pertama tetap dilanjutkan . πŸ˜†

Kali ini fiza mencoba untuk belajar pakai baju sendiri . Dia sudah mempunyai rasa ingin belajar pakai baju sendiri kalo bahasa kekiniannya kepo ttg prosesnya πŸ˜„

Tapi memang sepertinya fiza masih belum saatnya untuk bisa ya .. tapi yg penting dia tau bagaimana caranya . πŸ˜…

Saya selalu mendampinginya , kalau pakai baju mulai dari kanan dulu .  Setelah itu yg kiri . Kalau pasang kancing itu begini caranyaa .. dan dia memperhatikan . Dan sedikit demi sedikit dia mulai menirukan .πŸ‘πŸ‘ 

Sebagai hadiahnya saya kasih reward . Kali ini saya kasih Karapao , cemilan kesukaan fiza πŸ˜„πŸ˜„

#HariKetujuh

#Tantangan10Hari

#Level2

#KelasBunSayIIP

#MelatihKemandirian